Wednesday, April 10, 2013

Peluang Berharga


Sungguh luar biasa ketika  berkumpul dan sharing-sharing bersama orang-orang hebat, teman-teman yang super. Inilah pengalaman baru yang saya dapatkan di kampus. Kuliah merupakan tujuan utama ketika menginjakan kaki di Yogyakarta ini namun, setelah 1 tahun berproses di lingkungan UIN Sunan Kalijaga ternyata mengharuskan saya berpikir kembali, "Apakah di Jogja ini cuma untuk kuliah?" Jawabnya: "Tidak" Mengapa? 

Ada banyak hal yang membuat saya untuk berpikir kembali tentang tujuan yang sebenarnya ada di Jogja ini diantaranya :
Jogja merupakan sebuah provinsi yang memiliki banyak kelebihan dari berbagai bidang. Misal, ketika mencari wawasan keilmuan, bukan hanya lewat kampus melalui materi mata kuliah yang setiap hari disampaikan dari dosen-dosen. Wawasan keilmuan ini juga bisa saya dapatkan lewat diskusi-diskusi bersama teman-teman sekelas atau lewat organisasi. Ketika kita mencari wawasan ke Islaman bisa saya dapatkan melalui kajian-kajian menyebar di Kota Yogyakarta dan sekitarnya misalnya, kajian di Masjid Nurul Asri, Masjid Jogokarian, Masjid Mardiyah, FOR-ID dan kajian-kajian lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

Kemudian dalam hal bisnis di Yogyakarta sangat prospek untuk mengembangkan entrepeneur bagi yang menggelutinya untuk mulai mandiri dalam hal perekonomian. Beranjak kebidang pariwisata, di Yogyakarta pun memiliki banyak refrensi tempat-tempat untuk berekreasi baik individu maupun rame-rame. Misalnya, Pantai Parangtritis, Sadeng, Indrayanti, Baron, Goa Cemara, Kukup, Sundak, Depok dan lain-lainnya yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu karena saking banykanya tempat. Kalau mau yang lebih ekstrim bisa mendaki Gunung Merapi, Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Kalisuci, Goa Cerme, Goa Seropan dan lain-lain. dan berbagai macam tempat wisata di Yogyakarta. 

Selain itu di Yogyakarta juga merupakan tempat 'Wisata Pustaka' yang memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi, siswa SMA, SMK sederajat serta masyarakat umum yang sedang mencari Ilmu. Ada  banyak refrensi toko buku yang tersebar di Yogyakarta misalnya, Toko Buku Gema Insani Pers, Pro-U Media, Toga Mas, Gramedia, Mizan, Lkis, Shoping Book, Kopma UIN SUKA, Social Agency dan berbagai macam toko buku yang tersebar di wilayah Jogja yang menjual buku-buku penerbit terbaik yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan. Disamping itu di Jogja terdapat banyak penerbit buku yang selalu mengeluarkan buku-buku yang berkualitas seperti, Gema Insani Pers, Pro-U Media, Kompas, Pustaka Pelajar, Lkis, Mizan, Ash-Shaff dan lain-lain. 

Inilah yang membuat saya betah di Jogja. Dengan demikian saya merubah tujuan di Jogja ini bukan hanya untuk kuliah, melainkan juga untuk menambah, memperdalam, dan mengamalkan ilmu-ilmu yang saya dapatkan baik melalui diskusi, kajian, membaca buku, serta melalui materi kuliah. Selain diskusi mengikuti kajian, membaca buku saya juga mengikuti organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasisiwa Muaslim Indonesia). Organisasi yang sangat memberikan banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa saya ambil dan manfaatkan, seperti, Bakti Sosial, rapat, silaturahim dengan tokoh-tokoh, menyampaikan aspirasi dengan aksi, menambah jaringan, melatih retorika berbicara dan berkumpul dengan orang-orang yang luar biasa. Dengan mengikuti organisasi ini akan memberikan pelajaran yang nantinya akan bermanfaat ketika lulus kuliah dan terjun kemasyarakat. Karena dinamika yang ada di masyarakat kurang lebih hampir sama dengan berorganisasi. Jiwa sosialah yang nantinya akan dibutuhkan di masyarakat yang sebelumnya sudah didapatkan dalam organisasi. Disamping itu saya juga berusaha membangun FOR-ID (Forum Intelektual Dakwah) sebuah forum berbasis intelektual dan dakwah yang berdiri di Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Sebuah forum diskusi yang menawarkan tentang diskusi seputar ke Islaman diantaranya Aqidah dan Pemikiran Islam dan Syari'ah. Dan diskusi tentang Riset Sosial.

Mudah-mudahan dengan proses yang saya lakukan sekarang ini bisa menjadi bekal baik ruhani maupun jasmani untuk kedepannya, baik untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar. Dan saya selalu memohon kapada Allah SWT agar selalu diberi kekuatan di dalam mencari Ilmu dan mengamalkannya dan selalu memohon Allah SWT agar aktivitas-aktivitas yang saya lakukan bersama teman-teman bisa diridhoi-Nya. Dan diberi keistiqomahan di dalam menyampaikan risalah Nabi Muhammad saw bersama teman-teman. Amin

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts